ICYEP

Zakia Nurus Syifa – ICYEP 2014

Syifa adalah mahasiswi Hubungan Internasional Universitas Airlangga yang aktif berorganisasi dan telah mengikuti beberapa program pertukaran pelajar/pemuda. Ia adalah mantan Vice President di AIESEC Surabaya, penerima beasiswa AFS Youth Exchange and Study (YES) Program ke Amerika Serikat dan TF LEaRN Programme ke National University of Singapore, serta menjadi young ambassador Indonesia dalam Open Government Partnership (OGP) Annual Summit di London dan OGP Regional Summit di Bali.

Seusai mengikuti ICYEP, Syifa terpilih menjadi peserta Young Leaders for Indonesia (YLI) Program National Wave 7 dari McKinsey&Company, berpartisipasi menjadi relawan Kelas Inspirasi Kebumen, dan menjadi founder dari The Friendship Bracelet.

Rifan Bachtiar- ICYEP 2014

Rifan Bachtiar adalah alumni Departemen Teknik Mesin dan Biosistem Institut Pertanian Bogor. Dilahirkan di Pemalang, ia banyak terlibat dalam kegiatan sosial kemasyarakatan yang terkait dengan isu pertanian, pendidikan, dan kesehatan. Di kampus, Rifan menjadi penanggung jawab kegiatan Bina Desa yang mengkoordinasikan program penyuluhan dan pelatihan masyarakat desa oleh mahasiswa. Selain terlibat dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat, Rifan aktif menulis di berbagai media lokal dan nasional di Indonesia.

Ia bergabung dalam Program Pembinaan Sumber Daya Manusia Strategis (PPSDMS) dan pernah mengikuti Youth Camp for Asia’s Future 2013 di Seoul, Korea Selatan dan The Japan East Asia Network of Exchange for Student and Youth di Jepang.

Zainun Najib-ICYEP 2013

Zainun Najib sekarang berkiprah di PT Astra International, Tbk sebagai MT Corporate Communication. Ia dikenal aktif di berbagai organisasi kepemudaan seperti Rumah Mimpi, Kelas Inspirasi Purworejo, dan Astra Runner.

Sebelumnya, Zainun menempuh pendidikan di jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia. Selain tercatat sebagai anggota BEM FISIP UI, Zainun adalah anggota vocal group Universitas Indonesia yang menjuarai Pekan Seni Mahasiswa Nasional 2012 dan Univision Student Song Contest 2014 di Baku, Azerbaijan.

Dini Hajarrahmah-ICYEP 2011

Dini Hajarrahmah saat ini sedang menempuh S2 di bidang Economic Development & Tourism Management di Boston University, USA dengan beasiswa LPDP Kemenkeu RI. Dini menyelesaikan S1 nya pada tahun 2011 di Sastra Inggris, Universitas Diponegoro – Semarang. Di tahun yang sama, ia berangkat mewakili Jawa Tengah dan Indonesia untuk program Pertukaran Pemuda Indonesia Kanada dari September 2011 – Maret 2012 bertempat di Halifax, Nova Scotia (Kanada) & Desa Depok, Cisompet – Garut (Indonesia).

Pada tahun 2012 – 2015, Dini sempat berkarir di Danone Indonesia dan membuat program Danone Young Social Entrepreneur. Di awal 2014, Ia pun menjadi Co-Founder Wanderlust Indonesia, social business di bidang community-based tourism dan volunteer travel. Semasa kuliah di Semarang, Dini sempat mendirikan organisasi seperti Care Environmental Organization dan Future Leader Summit. Dini juga menjadi salah satu delegasi pertama UNDIP untuk Harvard National Model United Nations pada tahun 2010.

Pratama Yoga Nugroho-ICYEP 2007

Pratama Yoga Nugroho menamatkan pendidikan S1-nya di jurusan Sastra Inggris, Universitas Diponegoro Semarang. Selama tinggal di Semarang, aktivitasnya bervariasi mulai dari kegiatan intra kampus hingga ke kegiatan kerelawanan internasional.

Alumni ICYEP 2007-2008 ini tercatat juga pernah menjadi delegasi UNDIP untuk HNMUN 2010 dan terpilih menjadi salah satu peserta Young Leaders for Indonesia di tahun yang sama. Kini Yoga aktif menjadi instructor di Garuda Indonesia dengan spesialisasi di bidang service excellence.

Arifah – ICYEP 2002

Arifah, profesional muda di bidang komunikasi dan hubungan masyarakat, bergabung dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak tahun 2005 hingga 2014. Menamatkan studinya di Universitas Jenderal Soedirman dan University of Canberra, Arifah banyak terlibat dalam kegiatan penulisan, pagelaran budaya, dan volunteerism baik mandiri maupun tingkat internasional.

Saat ini, ia menjadi kontributor newsletter untuk Belconnen Community Service dan administrative officer University of Canberra. Kecintaannya terhadap seni dan budaya, menjadikan Arifah terus terlibat pada berbagai kegiatan kebudayaan walaupun berdomisi di Australia, mengikuti suaminya yang bekerja di KBRI.