Indonesia-China Youth Exchange Program (IChYEP) 2015

Briliani Dwi Harnawan Putri terpilih sebagai perwakilan resmi Jawa Tengah untuk mengikuti Program Pertukaran Antar Negara (PPAN) dalam program PertukaranPemuda Indonesia -Tiongkok (PPIT) 2015 atau Indonesia-China Youth Exchange Program (IChYEP) 2015.

Briliani Delegasi IChYEP 2015

Briliani Dwi Harnawan Putri, Delegasi Indonesia-China Youth Exchange Program 2015

Program ini merupakan hasil kerjasama bilateral antara Indonesia yang diwakili oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI dan Tiongkok yang diwakili oleh All China Youth Federation (ACYF). Program ini menggunakan metode visit to visit, yakni mengunjungi dan melakukan kegiatan dari satu tempat ke tempat lain untuk mempelajari berbagai hal, khususnya mengenai ekonomi, sosial dan budaya dari bangsaTiongkok. Khusus tahun 2015, para delegasi memiliki tugas untuk mengembangkan policy paper terkait dengan kewirausahaan yang nantinya menjadi rekomendasi kebijakan kepada pihak Kemenpora.

IMG-20150912-WA0010

Seluruh Delegasi Indonesia-China Youth Exchange Program 2015

Bersama dengan delegasi lain, Briliani mengikuti serangkaian program selama 10 hari di negeri tirai bambu serta 3 hari di Jakarta untuk Pre-Departure Training (PDT) dan Re-Entry. Pada tahun 2015 Indonesia mengirimkan 100 delegasi, yang terdiri dari 34 perwakilan provinsi yang terpilih dari seleksi Indonesia-China Youth Exchange Program (IChYEP), 20 perwakilan provinsi yang terpilih dari program Indonesia-Canada Youth Exchange Program (ICYEP), 24 perwakilan yang terpilih dari seleksi pusat serta sisanya merupakan perwakilan dari Kemenpora.

Selama di Tiongkok, terdapat beberapa kota yang dikunjungi, yaitu Beijing, Yinchuan (Provinsi Ningxia), Fuzhou dan Quanzhou (Provinsi Fujian). Kegiatan selama di Tiongkok cukup banyak dan padat. Pertama, kegiatan berupa institutional visit, yaitu kunjungan museum, kunjungan ke situs budaya dan wisata serta kunjangan entrepreneurship di beberapa perusahaan dan inkubator bisnis yang didirikan oleh pemerintah Tiongkok.

Museum yang dikunjungi antara lain Museum Dokter Hui di Ningxia Medixal University, Wolfberry Museum dan Ningxia Museum di Provinsi Ningxia serta Lin Ze Xu Museum di Provinsi Fujian. Briliani juga mendapat kesempatan menggali kebudayaan di The Great Wall of China, Forbidden City, Chaoyang Theatre, Taman Islamik Tionghoa serta Three Lanes and Seven Alleys.

Kegiatan kedua yaitu courtesy call, merupakan kunjungan kenegaraan dalam suasana formal dengan petinggi di pemerintah.Dalam kunjungan kenegaraan ini, para delegasi ikut menampilkan pertunjukan budaya Indonesia. Briliani sendiri menampilkan tiga jenis tari selama di Tiongkok, yakni Tari Kembang Jatoh dari DKI Jakarta, Tari Kecak dari Bali serta Tari Saman dari Aceh.

Kegiatan ketiga yaitu youth dialog, merupakan kesempatan berinteraksi secara mendalam bersama para pemuda lokal Tiongkok, yang dilakukan di Beijing International Youth Camp, Beifang University of Nationalities serta Huaqio University. Terakhir, delegasi juga menerima lecture berupa pidato forum mengenai inisiasi terbaru Tiongkok, “One Belt One Road: Kesempatan dan Harapan bagi Pemuda Pembangunan,” yang disampaikan oleh Prof.  Xu Liping serta “Wilayah Ekonomi Jalur Sutera” yang disampaikano leh Fan Jianmin.

 

** Briliani Dwi Harnawan Putri adalah lulusan terbaik dari program studi Akuntansi di Universitas Bakrie, yang baru saja lulus pada bulan Februari tahun 2016. Briliani aktif di berbagai kegiatan kepemudaan seperti Sinergi Muda, Forum & Festival Indonesian Youth Conference, Young On Top dan Kampus Update. Briliani juga memiliki berbagai pengalaman magang, salah satunya dalam program Nutrifood Internship Program dan Microsoft University Crew. Berbagai juara juga telah Briliani raih, antara lain Skha Strategy National Case Competition, Nutrifood Health Agent Award, CFA – Indonesian Investment Research Competition serta UNPAD Microeconomics Competition.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s