Indonesia-Malaysia Youth Exchange Program (IMYEP) 2014

Indonesia-Malaysia Youth Exchange Program (IMYEP) adalah kegiatan kerjasama antara Kementerian Pemuda dan Olahraga Indonesia dan Kementerian Belia dan Sukan Malaysia, yang bertujuan mempererat hubungan kedua negara terutama di bidang kepemudaan. Pada tahun 2014, sebanyak 34 delegasi Indonesia dan 32 delegasi Malaysia menjadi bagian dari IMYEP. Dalam program yang berlangsung selama 23 hari ini, Jawa Tengah diwakili oleh Ridha Swasti Hapsari.

Ridha S. Hapsari, Delegasi Jawa Tengah untuk IMYEP 2014

Ridha S. Hapsari, Delegasi Jawa Tengah untuk IMYEP 2014

IMYEP 2014 terdiri dari empat fase, yaitu fase Pre Departure Training (PDT), fase Indonesia, fase Malaysia, dan fase Re-entry. PDT dilaksanakan selama 3 hari, yaitu pada 13-15 Agustus 2014 di Pusdiklat Aparatur Kemenkes RI, Jakarta. PDT bertujuan untuk mempersiapkan fisik dan mental peserta. Selama PDT, delegasi mendapatkan berbagai pengarahan, brainstorming kegiatan dan materi leadership, character building, media dan kewirausahaan, serta latihan cultural performance.

Fase Indonesia berlangsung pada 16 Agustus-25 September di Jakarta dan Bali. Berbagai kegiatan baik formal maupun non-formal dilaksanakan oleh delegasi IMYEP. Di Jakarta, peserta disambut Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo dan berkesempatan mengikuti upacara kemerdekaan RI ke-69 di halaman kantor Kemenpora bersama delegasi Malaysia. Selain itu juga dilakukan kunjungan ke Monumen Nasional, diskusi mengenai media bersama Kompas Media Grup, serta kunjungan ke Grand Indonesia dan Thamrin City.

Upacara Hari Kemerdekaan RI di Kantor Kemenpora bersama delegasi Malaysia.

Di Bali, kegiatan utama peserta IMYEP adalah homestay bersama keluarga angkat di Ubud. Masing-masing delegasi Indonesia dipasangkan dengan delegasi Malaysia untuk tinggal di satu keluarga. Dalam homestay ini, delegasi belajar banyak tentang kebudayaan Bali, bagaimana cara membuat topeng, menarikan tari tradisional dan menabuh gamelan Bali. Di akhir homestay, delegasi Indonesia dan Malaysia berkolaborasi menyuguhkan cultural performance di Balai Banjar, Desa Mas, Ubud.

Peserta juga mendapatkan undangan kehormatan untuk berkunjung ke Istana Kepresidenan Tampak Siring. Para delegasi pun berkesempatan mengunjungi berbagai tempat di Bali, baik formal maupun informal, seperti Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, Museum Bajra Sandhi, Garuda Wisnu Kencana, Pantai Kuta dan Legian, Pantai Nusa Dua, Pasar Seni Sukowati, serta menyaksikan pertunjukan Tari Barong di Sahadewa.

Delegasi IMYEP 2014 berfoto bersama di Museum Bajra Sandhi, Bali

Delegasi IMYEP 2014 berfoto bersama di Museum Bajra Sandhi, Bali

Fase Malaysia berlangsung selama 10 hari, sejak 25 Agustus-3 September. Sama seperti fase Indonesia, kegiatan utama dalam fase ini adalah kunjungan formal dan informal, serta homestay. Fase ini hanya diikuti oleh delegasi Indonesia. Di hari pertama, peserta melakukan courtesy call ke Kementerian Luar Negeri Malaysia, Kementerian Belia dan Sukan, dan Institut Kemahiran Tinggi Belia Negara (IKTBN), dimana peserta melakukan dialog interaktif dan melihat secara langsung workshop tempat belia Malaysia berinovasi.

Homestay dilakukan selama tiga hari di Kampung Pachitan, Port Dickson, Negeri Sembilan. Kampung Pachitan masih memiliki silsilah dengan Pacitan, Jawa Timur. Warga Kampung Pachitan kebanyakan masih bisa berbahasa Jawa dan menggunakannya dalam percakapan sehari-hari. Beberapa adat Jawa seperti kenduri, bancakan, pun masih dilestarikan. Di akhir homestay, delegasi Indonesia menampilkan cultural performance seperti parade baju adat, medley nusantara, dan tarian-tarian tradisional.

Cultural Parade, memperkenalkan pakaian adat dan tari tradisional Jawa Tengah di Negeri Sembilan, Malaysia

Cultural Parade, memperkenalkan pakaian adat dan tari tradisional Jawa Tengah di Negeri Sembilan, Malaysia

Delegasi Indonesia juga menyaksikan peringatan hari kemerdekaan Malaysia yang jauh dari kesan seremonial. Hari kemerdekaan Malaysia dirayakan dengan parade rakyat dan flash mob di Dataran Merdeka, Kuala Lumpur. Dengan demikian, delegasi IMYEP mendapat pengalaman tak terlupakan, yaitu memperingati perayaan kemerdekaan dua negara.

Memperingati Hari Kemerdekaan Malaysia di Dataran Merdeka, Kuala Lumpur.

Kunjungan formal dan courtesy call lain di fase Malaysia antara lain ke Kedutaan Besar RI di Kuala Lumpur, dimana peserta berdialog aktif dengan Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Bp. Herman Prayitno, Kementerian Komunikasi dan Multimedia, Malaysia Youth Council dan Bank Negara Malaysia.

Selain kegiatan formal, peserta juga diajak berkunjung ke tempat-tempat wisata di Malaysia, seperti Petronas Twin Tower, Central Market, dan Melaka. Di Melaka delegasi berkesempatan mengelilingi kota yang ditetapkan sebagai World Heritage oleh UNESCO tersebut dengan becak hias, menyusuri sungai di Melaka yang bersih dengan river cruise, ke Menara Taming Sari dan lain-lain.

Delegasi IMYEP 2014 berfoto bersama di Petronas Twin Tower, Malaysia

Delegasi Indonesia pulang ke tanah air pada 3 September dan langsung melaksanakan fase Re-entry dan evaluasi. Program ini berhasil mempererat hubungan antar delegasi Indonesia dan Malaysia, memberikan pemahaman bahwa konflik Indonesia-Malaysia tidak semengerikan seperti yang diberitakan media, dan bagaimana memberikan respek satu sama lain di dua negara yang memiliki akar budaya yang nyaris sama. Secara keseluruhan, it’s all about loving your country, and how to upgrade it…

*Ridha Swasti Hapsari adalah alumni jurusan Matematika – Universitas Diponegoro. Saat ini ia bekerja sebagai Quality Controller di sebuah lembaga konsultan Bahasa Inggris dan aktif memberikan pelatihan bahasa Inggris secara cuma-cuma bagi anak-anak dari keluarga tidak mampu sejak tahun 2013 di Semarang. Ia pernah menjadi pemimpin redaksi majalah kampus Manunggal Undip dan banyak menulis di media online dan media cetak Jawa Tengah. Ridha bisa dihubungi melalui twitternya @RidhaSHapsari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s