Australia Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP) 2014/2015

Program Pertukaran Pemuda Indonesia Australia (PPIA) / Australia-Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP) untuk periode 2014/2015 telah dilaksanakan pada tanggal 8 Oktober 2014 sampai dengan 12 Februari 2015. Program yang bertujuan untuk menguatkan hubungan Australia dan Indonesia secara kultural dan diplomatik melalui people to people contact ini merupakan program kerjasama pemerintah dari kedua negara yang dikelola oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora RI) dan Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT) Australia. Pelaksanaan program ini dibantu oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI), Australia Indonesia Institute (AII) dan The Communication Network (TCN). Setiap tahun, Kemenpora mengirimkan 18 pemuda perwakilan dari beberapa provinsi terpilih untuk menjadi delegasi Bangsa Indonesia. Tahun ini, Jawa Tengah diwakili oleh Hanny Anisatu Suriya dari Kabupaten Rembang.

hanny

Hanny Anisatu Suriya mewakili Jawa Tengah dalam program Pertukaran Pemuda Indonesia-Australia (AIYEP)

Program ini terdiri dari dua fase, yakni fase Indonesia dan fase Australia yang masing-masing fase dibagi menjadi fase desa dan fase kota. Pada periode 2014/2015, AIYEP untuk fase Australia dilaksanakan di Australia Barat dimana Perth sebagai fase kota, dan Margaret River sebagai fase desa. Sedangkan untuk fase Indonesia, program ini dilaksanakan di Provinsi Kalimantan Selatan, tepatnya di kota Banjarmasin dan di Desa Mattone.

Sebelum menjalankan program di Australia, 18 delegasi mengikuti Pre- Departure Training (PDT) di Jakarta selama 10 hari. Delegasi Indonesia menginjakkan kaki mereka di kota Perth, Australia Barat pada tanggal 19 Oktober 2014 dan menjalani masa orientasi dengan koordinator lokal dan tim dari TCN sebagai pemateri dan pendamping. Dalam masa orientasi tersebut, peserta mengikuti courtesy call bersama Pemerintah kota Perth dan juga Pemerintah Australia Barat. Seusai masa orientasi, peserta AIYEP dipertemukan dengan keluarga angkat yang akan menjadi salah satu bagian terpenting selama program berlangsung.

CC perth mayor

Courtesy call bersama Walikota Perth

Kegiatan utama di fase Perth dan Margaret River tidak jauh berbeda yakni tinggal bersama host family (keluarga angkat), cultural performance (pertunjukan budaya), dan work placement (magang). Setiap peserta memiliki keluarga angkat yang berbeda dengan peserta yang lain, bahkan tempat tinggal mereka pun ada yang berjauhan. Oleh karena itu, para peserta harus bisa menjalankan kehidupan sehari-hari mereka dengan masyarakat Australia dengan mandiri tanpa bergantung dengan teman sesama Indonesia. Begitu pula saat mereka magang, peserta yang memiliki tempat magang yang berbeda pun harus mampu menempatkan dan menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja di Australia.

Selama program, peserta menampilkan pertunjukan budaya di sekolah-sekolah yang berbeda, menjalani magang kerja; dan menghabiskan waktu bersama keluarga angkat. Melalui kegiatan-kegiatan tersebut, peserta mendapatkan pengalaman langsung untuk tinggal dan bekerja di Australia.

wp hs cp

Kegiatan utama di Australia: internship, homestay, dan cultural performance.

Di sela waktu perpindahan dari fase kota ke fase desa, peserta diberikan kesempatan untuk menikmati liburan (mid visit break) di Busselton, sebelum kembali ke Perth untuk menjalani  joint orientation day bersama dengan 18 delegasi dari Australia.

Selama tiga hari, delegasi dari Indonesia diperkenalkan  dengan counterpart mereka delegasi dari Australia. Ketiga puluh enam peserta pun diberikan pengarahan sebelum mereka dikirim ke Indonesia untuk melaksanakan community development di Desa Mattone, Kalimantan Selatan. Agenda terakhir di fase Australia adalah dialog dengan Australia Indonesia Institute dan upacara perpisahan di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Perth. Hanny menjadi salah satu pembicara dalam kegiatan ini.

Mengawali fase Indonesia, ke-36 pemuda dari Indonesia dan Australia mengikuti  re-entry sekaligus courtesy call di di Wisma Menpora dan juga Kedutaan Besar Australia di Jakarta sebelum melanjutkan perjalanan ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Agenda utama di Banjarmasin adalah courtesy call bersama Gubernur Kalimantan Selatan dan Walikota Banjarmasin. Selain itu, peserta juga mengikuti orientasi sebelum memasuki fase desa di Mattone.

CC menpora

Courtesy Call bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga RI

Selama fase desa di Mattone, peserta mengadakan community development dalam beberapa aspek meliputi pendidikan, olahraga, pariwisata, pengembangan ekonomi, dan lingkungan. Selama tiga minggu di desa Mattone, para peserta dengan dibantu oleh pemerintah dan warga setempat mengembangkan beberapa kegiatan terkait yang bermanfaat dan berkelanjutan.

wp hs cp ina

Kegiatan community development, magang, homestay, dan pertunjukan budaya selama fase Indonesia

Fase desa diakhiri dengan festival rakyat yang diselenggarakan oleh peserta AIYEP 2014/2015 dan para pemuda Mattone. Kerja keras peserta pun dihargai dengan diadakannya mid visit break di Loksado selama lima hari sebelum memulai fase kota yang dilaksanakan di Banjarmasin. Kegiatan utama di fase kota sama dengan kegiatan yang dilaksanakan di Australia yaitu pertunjukan budaya, magang, dan homestay. Selama magang, setiap peserta Indonesia dipasangkan dengan satu peserta dari Australia.

* Hanny Anisatu Suriya adalah mahasiswi Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Semarang. Ia mengikuti student exchange di Tianjin, China pada tahun 2013 dalam program City Culture Center yang diadakan oleh Universitas Nan Kai. Kecintaannya di dunia pendidikan membuat Hanny ingin terus berkarir dan berkarya sebagai curriculum developer, pengajar Bahasa Inggris dan juga Bahasa Indonesia untuk penutur bahasa asing. Hanny bisa dihubungi melalui twitternya @luvijoe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s