Indonesia – Korea Youth Exchange Program (IKYEP) 2014

Kegiatan IKYEP 2014 telah selesai dilaksanakan pada tanggal 25 Oktober – 21 November 2014 yang lalu. Sebanyak 34 delegasi yang berasal dari 31 Provinsi telah selesai ditugaskan Kementrian Pemuda & Olahraga (Kemenpora) RI untuk mewakili pemuda-pemudi Indonesia dalam rangka memperkenalkan dan mempromosikan kekayaan seni budaya Indonesia, sekaligus mempererat hubungan dengan masyarakat Korea Selatan. Pada tahun 2014, Provinsi Jawa Tengah mengirimkan satu orang delegasi yaitu Muhammad Fidhzariyan Kusuma Utama dari Kota Surakarta.

Delegasi IKYEP 2014 tiba di Bandara Incheon, Korea Selatan

Delegasi IKYEP 2014 tiba di Bandara Incheon, Korea Selatan

IKYEP 2014 dimulai dengan kegiatan Pre-Departure Training (PDT) yang dilaksanakan pada tanggal 25-31 Oktober di Wisma PON Cibubur, Jakarta. PDT merupakan tahap pembekalan dan persiapan bagi calon delegasi yang digelar atas kerja sama dari alumni IKYEP, yang tergabung dalam Asosiasi Alumni Pertukaran Pemuda Indonesia-Korea (AIKUNA) dan Kemenpora RI. Di fase PDT, para calon delegasi mendapatkan berbagai materi yang bertujuan untuk meningkatkan kesiapan aspek jasmani, mental, dan rohani dalam menjalankan rangkaian kegiatan IKYEP 2014 yang secara keseluruhan berlangsung selama 20 hari. Ada momen istimewa dalam PDT tahun ini saat Bapak Imam Nachrowi yang baru saja diangkat menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI menyempatkan diri untuk menemui para calon delegasi IKYEP yang sedang menerima materi di kelas. Pada hari terakhir PDT, para calon delegasi mempersembahkan penampilan seni budaya kepada para alumni, tamu undangan, dan pejabat Kemenpora sebelum secara resmi dilantik menjadi perwakilan pemuda-pemudi Indonesia dalam IKYEP 2014.

Delegasi IKYEP 2014 berfoto bersama di kawasan Gyeongbok Palace

Delegasi IKYEP 2014 berfoto bersama di kawasan Gyeongbok Palace

Fase Korea berlangsung dari tanggal 1-10 November 2014. Berbagai kegiatan yang yang bersifat formal atau pun non-formal dilaksanakan oleh delegasi IKYEP 2014 selama 10 hari penuh. Kegiatan yang bersifat formal antara lain ialah kunjungan kenegaraan (courtesy call) ke Ministry of Gender Equality and Family (MOGEF) Korea Selatan, Kedutaan Besar Indonesia di Seoul, dan Korea-ASEAN Center. Selebihnya, delegasi IKYEP 2014 melakukan berbagai kegiatan non-formal yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan keilmuan, pengetahuan, dan kebudayaan mengenai Korea Selatan, sekaligus memperkenalkan kekayaan seni budaya tradisional Indonesia kepada perwakilan pemuda dan masyarakat di Korea.

3

Memperkenalkan budaya pewayangan dan batik tulis, serta mempromosikan potensi pariwisata Jawa Tengah kepada keluarga Lee saat homestay di Kota Siheung.

Kegiatan-kegiatan non-formal yang dilangsungkan antara lain kunjungan ke beberapa museum dan tempat-tempat bersejarah seperti Gyeongbok Palace, Cheongwadae Sarangchae (Korean Presidential Museum), Gwanghwamun Square Town, National History Museum of Korean Contemporary History dan National Museum of Korea. Kemudian menampilkan seni budaya Indonesia di beberapa pusat kepemudaan (youth center), menikmati pertunjukkan seni Nanta, dan membuat kerajinan ala Korea di Insa-dong. Setelah itu delegasi Indonesia juga diajak untuk mengunjungi Kuil Woeljongsa di Pegunungan Odaesan, galeri teknologi Samsung D’Light, melakukan city exploration bersama perwakilan pemuda Korea, tinggal bersama keluarga angkat (homestay) di Kota Siheung, mencoba kostum (hanbok) dan mencicipi makanan (kimchi, bibimbap, bulgogi, dan Korean Royal Set) tradisional Korea di Jeonggangwon, dan mengunjungi tempat-tempat wisata antara lain Myeongdong, Namdaemun Street, dan Namsan Tower. Setelah menyelesaikan rangkaian kegiatan Fase Korea, delegasi IKYEP kembali ke Jakarta untuk melaksanakan Fase Indonesia.

4

M Fidhzariyan Kusuma – Delegasi Jawa Tengah IKYEP 2014

Fase Indonesia berlangsung dari tanggal 11-20 November 2014 di Kota Jakarta dan Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat. Sebanyak 33 orang delegasi Korea turut berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan kearifan lokal dan kekayaan seni budaya Indonesia, sekaligus mempererat hubungan kepemudaan antara Korea dan Indonesia. Di Fase Indonesia, kegiatan formal yang diikuti oleh delegasi IKYEP 2014 adalah kunjungan ke Kantor Kemenpora RI, Pendopo Bupati Kuningan, dan Balai Desa Linggarjati.

Sementara kegiatan non-formal terdiri dari kegiatan orientasi dan focus group discussion, penampilan kesenian budaya Indonesia dan Korea di SMAN 1 Kuningan, kunjungan ke industri kecil dan menengah di Kuningan, workshop mengenai baju adat Jawa Barat, outbound dan penanaman pohon di kaki Gunung Ciremai, hiking expedition di Desa Lingga Mekar, dan penampilan kesenian sekaligus malam perpisahan di Museum Linggarjati. Setelah menyelesaikan kegiatan di Kuningan, delegasi IKYEP kembali ke Jakarta untuk menjalani Fase Re-Entry di Wisma PP PON Cibubur. Fase Re-Entry merupakan bagian terakhir dari program IKYEP yang terdiri atas penyusunan laporan, pembahasan kegiatan paska program, diskusi dan evaluasi, serta pengukuhan delegasi sebagai anggota AIKUNA. Pada tanggal 22 November 2014, delegasi IKYEP kembali ke Provinsi masing-masing dengan membawa berbagai ilmu, wawasan, dan pengalaman berharga yang siap diimplementasikan, dibagikan, dan dikontribusikan untuk membangun kapasitas pemuda di seluruh Indonesia.

* Muhammad Fidhzariyan Kusuma Utama, atau yang biasa dipanggil Aya, adalah alumni jurusan Ilmu Hubungan Internasional Universitas Gadjah Mada (UGM).  Ia pernah menjadi Juara Nasional lomba debat Hukum Humaniter Internasional pada tahun 2012 dan menjadi perwakilan pemuda Indonesia dalam ASEAN Youth Leadership Forum yang diselenggarakan oleh SEAMEO-SPAFA tahun 2014.  Aya aktif dalam berbagai kegiatan dengan isu pelestarian lingkungan dan saat ini sedang menjalani internship di lembaga konservasi lingkungan internasional – The Nature Conservancy. Aya dapat dihubungi melalui twitter: @fdhzryn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s