Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) di Akademi Berbagi Solo

Jumat, 17 Februari 2012 Akademi Berbagi (Akber) Solo mengadakan kelas dengan tema Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN). PCMI Jawa Tengah hadir sebagai pembicara dalam kelas ini. Dalam kegiatan kali ini, PCMI Jawa Tengah diwakili oleh Arief Rizky Bakhtiar-alumni program Ship for South East Asian Youth Program 2010. Selain itu, hadir pula Wiwit Prasetyono-PCMI Jogja-yang merupakan alumni program yang sama tahun 2007.

Peserta kelas Pertukaran Pemuda Antar Negara berfoto bersama seusai acara.

Kelas mengenai PPAN ini berjalan dengan seru dan meriah. Peserta memadati kelas dan tidak meninggalkan kelas sampai acara berakhir. Adapun total peserta yang mengikuti kelas ini berjumlah seratus orang, sebagian bahkan duduk lesehan agar dapat mengikuti kelas ini.

Kelas yang dilaksanakan bertepatan dengan HUT Kota Solo ini mengambil lokasi di Batik Gunawan Setiawan, Kampung Batik Kauman. Kepala Sekolah Akber Solo Imam Subchan mengungkapkan, kampung batik Kauman dipilih sebagai representasi bentuk diskusi yang dilakukan di dalam kampung.

Acara yang sebagian besar dihadiri oleh mahasiswa ini juga diikuti oleh beberapa komunitas seperti Earth Hour (EH) Solo, Solo Berkebun, Sanggar Buddha, dan Green Movement Community. Selain materi PPAN, peserta juga mendapatkan pelatihan motivasi pertukaran pemuda ke luar negeri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s