Dubes Australia Merayakan Program Pertukaran Pemuda Indonesia-Australia

Duta Besar Australia untuk Indonesia, Greg Moriarty malam ini akan merayakan keberhasilan Program Pertukaran Pemuda Australia-Indonesia (AIYEP) 2011-12 yang telah berakhir.

Tahun ini adalah ulang tahun ketigapuluh program AIYEP, yang berlangsung untuk kali pertama di Victoria dan Sumatera Barat pada 1982.

Duta Besar Greg Moriarty berfoto bersama peserta AIYEP

Sejak akhir Desember 2011, 36 peserta Australia dan Indonesia telah tinggal dan berkarya dalam program-program pembangunan di kabupaten Rokan Hulu dan ibukota Riau, Pekanbaru.

Di Rokan Hulu para peserta mengkoordinasikan sejumlah kegiatan pembangunan kemasyarakatan termasuk karnaval olahraga, kelas bahasa Inggris, demonstrasi hidup sehat dan pembangunan lapangan bermain setempat.

Pada Oktober 2011, para peserta Indonesia menjalani pengalaman hidup di Pulau Kangguru dan di Adelaide, Australia Selatan sebagai bagian dari program mondok dan penempatan kerja selama dua bulan mereka di Australia.

“Program AIYEP adalah suatu cara yang fantastis bagi para tokoh muda Indonesia dan Australia untuk bekerja sama dan tinggal di tengah-tengah masyarakat setempat dan memajukan saling pengertian antara kedua negara kita,” ujar Dubes Moriarty.

Peserta Australia Doss McPherson berujar, “Kami memperoleh pengalaman persahabatan dan keramahan yang luar biasa dari semua warga Indonesia yang kami temui. Kami mendapat kesempatan untuk menggalang persahabatan yang erat dengan rekan peserta Indonesia kami dan saling memperkenalkan kebudayaan kami. Dengan tinggal di tengah-tengah masyarakat setempat, kami mampu menyatukan diri sedemikian rupa yang tidak akan bisa dilakukan bila kami sebagai turis.”

AIYEP adalah program tahunan untuk memajukan hubungan antar-warga antara pemuda Australia dan Indonesia dan dikelola oleh Lembaga Australia-Indonesia dan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI.

sumber: http://www.indonesia.embassy.gov.au/jaktindonesian/SM12_006.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s