Ms Fujimaru berlabuh di Jakarta

Delegasi Indonesia turun dari kapal Ms Fuji Maru


Kapal berbendera Jepang Ms Fuji Maru, hari Selasa (22/11) siang merapat dan bersandar di pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. Kapal itu mengangkut 340 pemuda dari negara-negara ASEAN dan Jepang, yang menjadi peserta SSEAYP (Ship for Southeast Asian Youth Program) atau  Kapal Pemuda ASEAN Jepang.

Para pemuda ASEAN dan Jepang ini berada di Jakarta selama 2 hari, setelah sebelumnya mereka berlayar dari Jepang  ke  Filipina dan Brunei Darussalam sebelum tiba di Indonesia. Selama di Jakarta mereka akan menjalani home stay dan tinggal bersama keluarga Indonesia.

Sepuluh negara  ASEAN yaitu Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Filipina, Vietnam, Myanmar, Kamboja, Laos dan Indonesia masing-masing mengirimkan 28 pemuda, sisanya  pemuda Jepang sehingga jumlahnya 340 pemuda.

Delegasi Indonesia bersama Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso

Setelah diterima Kemenpora, rombongan pemuda ASEAN dan Jepang ini mengunjungi DPR RI dan diterima oleh Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso. Selanjutnya, peserta dijamu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengikuti welcome dinner di Balai Kartini. Pada kesempatan ini, masing-masing negara menunjukkan penampilan budaya melalui musik dan tari.

Keesokan harinya, peserta SSEAYP mengunjungi ASEAN Secretariat dan bertemu Sekretaris Jendral ASEAN Surin Pitsuwan. Kemudian, peserta menuju Kementerian Pemuda dan Olahraga RI untuk bertemu dengan orang tua angkat dan menjalani sesi homestay.

Melempar pita sebagai tanda perpisahan dengan orang tua angkat

Selama dua hari, peserta menjalani homestay bersama keluarga Indonesia. Acara diakhiri pada 25 November, dimana Fuji Maru melanjutkan pelayaran ke Malaysia dan Kamboja sebelum kembali ke Jepang.

Dalam kegiatan ini, Jawa Tengah diwakili oleh Novita Indah Nugraheni (Kabupaten Pekalongan). Novita adalah mahasiswi Manajemen Universitas Diponegoro.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s