ASEAN Cultural Evening di KJRI Houston

Untuk pertama kalinya di Houston, Selasa, 28 November 2011, Komunitas ASEAN berkumpul di Konsulat Jenderal RI Houston, Amerika Serikat (AS) untuk menampilkan kekayaan seni budaya, keragaman kulinari dan stand promosi dalam acara yang bertajuk “ASEAN Cultural Evening”.

Acara yang dihadiri sekitar 200 orang itu diprakarsai oleh Konsul Jenderal RI Houston, Al Busyra Basnur, bekerjasama dengan Konsul Jenderal Vietnam, Le Tzung, Konsul Kehormatan Thailand, Charles Foster dan Direktur Eksekutif Asia Sociaty Texas Center, Martha Blackwelder.

“Acara ini antara lain dimaksudkan untuk memperkenalkan ASEAN lebih luas kepada masyarakat AS dan meningkatkan saling pengertian antara masyarakat ASEAN dengan masyarakat AS agar hubungan dan kerjasama menjadi lebih dekat, lebih baik dan lebih kokoh”, kata Al Busyra Basnur.

Acara yang didahului oleh ASEAN Anthem dan pemutaran Film Dokumenter tentang ASEAN itu dihadiri antara lain para Konsul Jenderal negara sahabat, pejabat tinggi pemerintah kota, wakil dari Kementerian Luar Negeri AS di Houston, wakil dari kantor Senator, pengusaha, tokoh Perguruan Tinggi dan friends of ASEAN.

Konjen RI, Al Busyra Basnur dalam sambutannya antara lain menyampaikan berbagai perkembangan dan kemajuan yang dicapai oleh ASEAN baik secara regional maupun internasional, hubungan ASEAN dengan AS serta KTT ke-19 ASEAN yang baru saja berlangsung di Bali.

Dalam acara tersebut ditampilkan tarian tradisional ASEAN. Dari Viet Nam tarianXe chi luon kim + Trong com dan Thuong qua Viet Nam. Dari Thailand tarianKrisda-piniharn dan Mixed Thai musical.

Sementara itu dari Indonesia, para penari berasal dari para pemuda yang tergabung dalam Asosiasi Alumni Pertukaran Pemuda Indonesia – Kanada (PPIK) yang sengaja datang ke Houston dari Jakarta. Danar Satria Nugraha, alumni PPIK Jawa Tengah 2009, termasuk ke dalam salah satu delegasi yang diberangkatkan dalam kesempatan ini. Mereka menampilkan tarian Mambri (Papua), Ngarojeng (Jakarta) dan Saman (Aceh).

Seusai tarian, undangan menikmati masakan dari berbagai negara ASEAN utamanya Indonesia, Vietnam dan Thailand. Indonesia juga menampilkan demonstrasi memasak Rendang dalam kesempatan ini.

sumber: http://www.kemlu.go.id/Pages/Embassies.aspx?IDP=6819&l=id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s